Peran yang bisa di lakukan Pemerintah dalam medukung Hak Dan Kewajiban dalam melindungi anak-anak

UPAYA APA YANG SEHARUSNYA DILAKUKAN PEMERINTAH DALAM RANGKA MELINDUNGI HAK ANAK...?



Illustrasi Anak-Anak Bermain

Dyos Channel Informasi dan Teknologi  - Dalam masalah ini saya akan menjelaskan melalui pemikiran dan pandangan pribadi saya , bahwa yang harus bertanggungjawab adalah orang tua, karena peran orang tua sangat krusial bagi anak-anak karena mereka adalah masa depan baik masa depan bagi keluarganya, bangsa dan Negara apa yang harus dilakukan ..?

1. Selalu mencurahkan kasih saying kepada anak-anak
2. Memberikan pendidikan sejak dini
3. Memperhatikan anak dengan kasih saying karena pada dasarnya anak butuh perhatian
3. Jangan jadikan anak untuk dieksploitasi
4. Memberikan pemahaman mana yang harus dan mana yang tidak boleh dilakuan

Jadi menurut saya dengan melakukan hal diatas dapat di pastikan anak-anak pada usia dini sampai dewasa akan paham betul apa itu kasih saying, cinta dan perhatian karena semua itu adalah  hak anak untuk didapatkan mulai usia dini sampai dewasa.
dengan hidup dan tumbuh bersama orang orang yang di sayangi maka anak akan tumbuh, berkembang serta dapat berpatisipasi dalam kehidupan bersmasyarakat secara optimal dan benar berdasarkan norma.

Sedangkan tugas pemerintah dalam memahami anak menurut pendapat saya adalah dari beberapa segi adalah sbb.

-         Anak dari segi agama : Anak adalah anugrah yang allah berikan karena itu pemerintah wajib menjaga, melindungi, menjamin dan memberikan hak-hak nya sesuai dengan peraturan yang

-         Anak dari segi norma : Anak adalah manusia biasa sperti pada umumnya wajib
bagi siapa saja dan pemerintah untuk menghormati dan menjaga hak-haknya

-         Anak dari segi kehidupan : Anak adalah masa depan suatu bangsa dan Negara
wajib hukumnya pemerintah melindungi

Upaya pemerintah daerah juga sangat penting pemerintah daerah harus menata kota layak bagi anak-anal dengan cara menyediakan taman bermain bagi anak-anak, dan hal lainnya yang dapat berperan melindungi anak-anak.

Apa Upaya yang pemerintah bisa lakukan untuk melindungi hak anak,Khusus untuk anak pemerintah wajib memberikan perlindungan dengan menerapkan aturan yang tegas yang mengatur hak asasi manusia bagi para pelaku kekerasan pada anak, Eskploritasi anak pemerintah memberikan hukuman dan saksi  sesuai dengan UUD anak dan memberikan jaminan melalui bantuan pendidikan anak atau subsidi pendidikan untuk orang tua.

- Aturan yang tegas maksudnya disini adalah : Membuat payung hokum untuk  dapat melindungi  hak anak dari orang lain ingin merampasnya,  maksudnya memperkerjakan anak dibawah umur pemerintah wajib melindunginya dengan undang-undang ketenagakerjaan misalnya.

-  Memberikan sanksi dan hukuman maksudnya disini adalah : Memberi saksi bagi  para pelaku kekerasan yang ingin menganiaya, dan membunuh anak harus di hokum seberat-beratnya sesuai dengan undang-undang anak, dengan begitu orang tidak akan lagi ingin menyakiti anak.

- Memberikan bantuan – Subsidi kepada orang tua untuk mendukung anak dalam mendapatkan hak nya dengan memerikan pendidkan usia dini.

- Memperhatikan konvensi hak anak yaitu dalam konveksi tersebut terlahir kesepakatan oleh Negara-Negara untuk melindungi hak – hak anak dan wajb di laksanakan  karena Negara terikat janji-janji yang ada didalammnya

 

Post a Comment for "Peran yang bisa di lakukan Pemerintah dalam medukung Hak Dan Kewajiban dalam melindungi anak-anak "