TUGAS 2 PENDIDIKAN KEWARNEGARAAN UNIVERSITAS TERBUKA - TUTOR

TUGAS 2 PENDIDIKAN KEWARNEGARAAN UNIVERSITAS TERBUKA - TUTOR



Dyos Channel _

1). Makna dari identitas nasional dan berikanlah contoh identitas nasional yang ada di Indonesia! 

Jawaban : identitas Nasional menurut kamus besar bahsa Indonesia terdiri dari 2 makna yaitu indentitas dan Nasional, identitas artinya cir-ciri atau jati diri  dan nasional artinya kebangsaan terdiri dari agama, adat, cita-cita, Dengan demikian dapat di maknai identitas nasional adalah sebuah ciri-ciri, perasaan atau sifat-sifat suatu bangsa yang berasal dari bangsa itu sendiri yang berbeda dengan bangsa lainnya dalam pengertian lain makna identitas nasional berarti karakter atau sifat suatu bangsa untuk menentukan jati diri bangsa itu secara historis yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa.

Identitas Nasional adalah : Kepribadian nasional atau jati diri nasional  yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya.

Referensi jawaban Identitas Nasioanal MODUL MKDU4111/MODUL5

Identitas nasional sangat penting bagi Negara dan bangsa karena tanpa identitas nasional kita tidak bisa membedakan jati diri suatu bangsa oleh karena itu identitas sangat penting untuk mengetahui jati bangsa itu sendri memalui lambang Negara, wilayah Negara, konstitusi Negara, dalam upaya meningkatkan kedaulatan bernegara.

Contoh identitas nasional di dalam masyarakat adalah Adat-istiadat, Budaya, Agama, Ras dan suku.
Sperti yang terjadi sekarang-sekarang ini masalah agama sangat riskan untuk di bicarakan apalgi di tahun politik banyak para simpatisan partai melakukan kampanye dengan identitas agama dengan maksud jika tidak se iman maka tidak boleh jadi pemimpin, dan yang pernah terjadi di sampit Kalimantan masalah identitas keudayaan dan agama jadi pemicu permasalahan sehingga terjadi permusuhan antara suka dayak dengan Madura yang menwaskan ribuan nyawa yang melayaang, Semua ini terjadi tidak lain dan tidak bukan karena kita telah melupakan identitas nasioanal yaitu jati diri kita sendri menjadi bangsa dalam bernegara.

SUMBER : Pemikiran sendiri dan pengalaman saat di SAMPIT kalimantan

Contoh identitas nasional adalah :
1. Bendera Sang saka merah putih ( Bendera Indonesia )
2. Bahasa Negara Indonesia yaitu bahasa Indonesia
3. Lambang Negara yaitu Garuda pancasila
4. Lagu Negara Indonesia ( Lagu Indonesia raya)
5. 5 Semboyan Negara atau bhineka tunggal ika ( berbeda-eda tapi tetap satu)
6. Dasar falsafah Negara pancasila
7. Konsitusi bangsa yaitu UUD 1945
8. Kebudayaan Bangsa
9. Konsep Wawasan Nusantara
10. Negara yang berdaulat

Referensi jawaban Identitas Nasioanal MODUL MKDU4111/MODUL5

2). lakukanlah analisis terkait dengan sila-sila Pancasila dilihat dari causa materialis dari Pancasila!
Jawaban :
Sila Pertama Ketuhanan yang Maha Esa
Konsep yang terkandung dalam “Ketuhanan yang Maha Esa” mengandung beberapa unsur yang menjiwai sila-sila lain, yaitu sila ke-2 sebagai pemahaman akan keadilan serta memiliki adab seperti yang diajarkan oleh syariat Islam. Sila ke-3 yang menggambarkan mengenai ukhuwah, sila ke-4 yang memuat kepemimpinan umat atas dasar kemaslahatan, serta sila ke-5 yang menerapkan konsep Islam rahmatan lil alamin dengan membawa pengaruh keadilan bagi seluruh umat baik dari kalangan Islam sendiri maupun non Islam.

Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila ke-2 merupakan penjiwaan dari sila Ketuhanan yang Maha Esa. Didalamnya memuat hubungan timbal balik yang kemudian melahirkan sila ke-4. Kemanusiaan yang adil dan beradab memberikan sumbangsih akan lahirnya kerakyatan yang terpimpin berdasarkan permusyawaratan dan keadilan. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa sila ke-2 menjiwai sila ke-4. Adapun konsep keadilan juga termaktub dalam sila ke-5 keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sila ketiga Persatuan Indonesia
Persatuan Indonesia dihasilkan atas dasar konsep Ketuhanan dan sosial kemanusiaan seperti yang tercantum dalam sila ke-1 dan 2. Artinya persatuan Indonesia tidak lepas dari peran masyarakat yang beragama serta memiliki kepedulian satu sama lain. Kemudian sila ke-3 ini menjiwai sila ke-4 dan ke-5. Adapun penggambaran persatuan Indonesia dalam sila ke-4 adalah sistem permusyawarahan dan kepemimpinan. Sedangkan penggambaran persatuan Indonesia dalam sila ke-5 yaitu untuk mewujudkan keadilan yang menyeluruh tanpa terkecuali.

Sila Keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
Seperti yang diterangkan sebelumnya bahwa kehadiran sila ke-4 merepresentasikan kolaborasi antara sila ke-1 hingga ke-3. Dalam hal ini kerakyatan yang didasari atas kebijaksanaan adalah untuk mengimplementasikan permusyawaratan perwakilan berdasarkan asas ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan sosial, dan persatuan dalam ketatanegaraan. Tanpa adanya salah satu dari ketiga sila tersebut, dimungkinkan sila ke-4 tidak memiliki konsep demokrasi yang utuh sebagaimana yang masih berlaku hingga saat ini.

Sila Ke lima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Sila ke-5 merupakan konsep final yang terlahir dari penggabungan makna sila-sila sebelumnya. Mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, hingga permusyawaratan keseluruhannya hadir dalam sila kelima ini. Meskipun memberikan maksud secara tidak langsung, makna yang terkandung dalam “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” telah melengkapi sila ke-1 hingga ke-4. Sila ke-5 ini juga menjelaskan bahwa secara khusus konsep yang terkandung dalam sila-sila Pancasila adalah demi rakyat Indonesia tanpa melihat latar belakang dari kemajemukan masyarakat..

Sumber : https://www.padangekspres.co.id/mengenal-hubungan-antar-sila-dalam-pancasila/#:~:text=Sila%2Dsila%20yang%20tercantum%20dalam,sila%20ke%2D1%20sebagai%20pusatnya.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6257698/nilai-nilai-pancasila-dan-contohnya-di-kehidupan-sehari-hari.

Dari ke lima pancasila tersebut nilai pancasila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mempunyai nilai nilai yang sangat ideal dan sangat di perhitungkan untuk kehidupan suatu bangsa untuk mencapai identitas nasional tanpa memandang bulu sebuah bangsa harus pintar mencari jalan keluarnya tidak boleh berpihak dan berusaha uuntuk menjadi penengah suatu bangsa.

Causa materialis atau biasa di sebut asal mula pancasila di jadikan sebagai dasar Negara, Metode causa material
1.
deskriptif histori atau suatu kejadian
2. metode hermeneutika artinya berusaha mengungkapkan makna esensial
3. metode heuristik tujuannya menemukan kontruksi
Jadi kesimpulan dari ketiga metode causa di atas memberikan pengertian bahwa Causa materialis pancasila berasal dari kebudayaan bangsa, adat-istiadat bangsa dan agama-agama yang terdapat di Indonesia sehingga muncul nilai nilai pancasila yang di kaji dari bangsa Indonesia terdapat kebenaran yang nyata mulai dari kebudayaan bangsa, yang beraneka ragam adat-istiadat, dan agama-agama yang mengajarkan kehidupan sebagai bangsa yang baik dan benar.

Referensi jawaban Identitas Nasioanal MODUL MKDU4111/MODUL5 dan http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/36851


3). lakukanlah analisis terkait dengan internalisasi nilai-nilai dari sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban :
Internalisasi nilai-nilai pancasila adalah merupakan proses untuk memasukkan nilai-nilai yang terkandung dari dalam pancasila itu sendiri supaya, agar kita mampu memahami serta menjalankannya sesuai dengan maksud tujuan dari pancasila itu sendiri yaitu ingin menjadikan bangsa yang kuat, menjaga kerukunan, dan mempunyai tujuan sesuai dengan cita-cita atau yang diharapkan bangsa Indonesia tentu hal tersebut tidak dapat terjadi jika kita mengabaikan beberapa hal berikut :
1. Menjaga persatuan Yaitu menciptakan kerukunan, kebersamaan dan menjadikan cita cita menjadi satu kestuan yang kuat
2. Mempunyai adab yang baik dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dengan cara sopan santun dan tutur kata yang baik dan benar|
3. Mencintai bangsa sendri
4. Mencintai dan menghargai usaha sesama bangsa
5. Menjadikan musyawarah untuk mencari solusi
6. Menciptakan keadilan bagi bangsa dan Negara

Internalisasi nilai-nilai dari sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari!

Sila Pertama Ketuhanan yang Maha Esa
- Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dengan sifat-sifatnya yang Mahasempurna.
- Bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menjalankan semua perintah-Nya, sekaligus menjauhi segala larangan-Nya.
- Saling menghormati dan menoleransi antarpemeluk agama yang berbeda-beda.
- Menjaga kebebasan bersama menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
.

Sila kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab
- Mengakui adanya harkat dan martabat manusia.
- Mengakui keberadaan manusia sebagai makhluk yang paling mulia diciptakan Tuhan.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan berlaku adil terhadap sesama manusia.
- Tenggang rasa dan tidak semena-mena terhadap orang lain.


Sila ketiga Persatuan Indonesia
- Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
- Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa.
- Menumbuhkan rasa rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.
- Mengakui keragaman suku dan budaya bangsa serta mendorongnya ke arah persatuan dan kesatuan
.

Sila Keempat Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
- Mengakui kedaulatan negara ada di tangan rakyat.
- Mengakui manusia Indonesia sebagai warga masyarakat dan warga negara punya kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
- Bermusyawarah untuk mencapai mufakat untuk hal-hal yang menyangkut kepentingan bersama dengan diliputi semangat kekeluargaan.
- Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat daripada kepentingan pribadi atau golongan.
Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan.


Sila Ke lima Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
- Berlaku adil pada semua orang sesuai hak dan kewajibannya.
- Merawat keseimbangan hak dan kewajiban diri sendiri.
- Menghormati hak-hak orang lain.
- Memberikan pertolongan pada orang yang membutuhkan secara adil.
- Mengembangkan perbuatan-perbuatan terpuji yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.
- Mendukung kemajuan dan pembangunan bangsa, baik material maupun spiritual.


Referensi jawaban Identitas Nasioanal MODUL MKDU4111/MODUL5 dan https://www.bola.com/ragam/read/4371037/penerapan-pancasila-dalam-kehidupan-sehari-hari-yang-perlu-ditiru
Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6257698/nilai-nilai-pancasila-dan-contohnya-di-kehidupan-sehari-hari.

4). lakukanlah silahkan lakukan analisis kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indoneisa dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban :
Secara harfiah, kepribadian bangsa terdiri dari dua kata, yaitu pertama kepribadian dan kedua ialah bangsa. Kepribadian merujuk pada sifat yang berbeda Sementara bangsa itu sendiri memiliki makna kumpulan masyarakat yang berkaitan dan saling berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.
jadi pancasila sebagai kepribadian bangsa dari perwujudan dari nilai budaya bangsa yang di yakini kebenarannya unutk menerapkan pancasila sebagai kepribadian bangsa dalam kehidupan sehari hari adalah sbb :
1. Berusaha mendengarkan pendapat orang lain
2. Selalu berbuat sesuai dengan norma dan aturan didalam bermasyarakat atau berbangsa
3. Mengerjakan kewajiban sebagai bangsa menerima hak nya di keluarga, masyarakat dan bangsa
4. Selalu beribadah dan berusaha mengajak keluarga dan bangsa unutk beribadah
5. Rela berkoran untuk bangsa dna Negara

Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia :
Pancasila merupakan kepribadian bangsa indonesia karena pancasila merupakan ciri yang khas bangsa indonesia dan tidak dapat dipisahkan dari bangsa indonesia denganm memiliki lima sila dengan tujuan masing-masing.

Pancasila sebagai kepribadian bangsa di masyarakat  untuk :
1. Memberikan keadilan bagi masyarakat
2. Memberikan kemakmuran bagi masyarakat
3. Memberikan suasana aman, tentram, merdeka bagi kehidupan bermasyarakat
4. Memberikan kedaulatan agi masyarakat bahwa mereka punya hak dan kewajiban sebagai bangsa

Referensi jawaban : https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-704616423/kedudukan-pancasila-sebagai-kepribadian-bangsa-indonesia-dalam-kehidupan-sehari-hari-ini-maksud-dan-fungsinya

https://osf.io/k7sj6/download


Post a Comment for "TUGAS 2 PENDIDIKAN KEWARNEGARAAN UNIVERSITAS TERBUKA - TUTOR"